Thursday, September 05, 2013

Contoh Cerpen Singkat ~ Tanya Polos

karya : Ratna Juwita
Seorang bocah sedang duduk sendiri di bangku sebuah TK. Ia memainkan mobil-mobilan yang dibawanya untuk mencoba mengusir kebosanan yang perlahan menyelimutinya. Ya. Disaat teman-temannya sudah sampai di rumah dengan gembira, ia malah sibuk duduk diam menunggu ayahnya menjemput. Ia tidak punya pilihan lain, ibunya telah meninggal dan dirumah hanya ada seorang pembantu yang setiap hari mengurusi rumahnya. Lama-lama, ia jadi sedih juga apabila ia membayangkan ayahnya yang selalu sibuk bekerja. Sebagai seorang bocah, tentu saja ia tidak tahu-menahu tentang kesibukan orang dewasa untuk mendapatkan uang.
                Sebuah mobil tiba-tiba berhenti tepat di depan gerbang TK. Ia tersenyum saat mengetahui bahwa pemilik mobil itu adalah ayah yang sedang ditunggunya sedari tadi.
                “Maaf, Doni! Sudah lama menunggu, ya ?” ucap ayahnya yang datang dengan tergopoh-gopoh. Doni hanya tersenyum kecil.
                “Iya.. sudah lama,Yah!” Ucap Doni dengan wajah polos. Ayah Doni segera menggiring Doni memasuki mobil mewah itu. Mobil pun melaju. Melewati jalan dengan kendaraan yang padat.
                “Yah.. Boleh Doni tanya sesuatu ?” Tanya Doni sambil tetap memainkan mobilnya. Ayahnya menoleh sesaat ke arah Doni.
                “Apa, Don ?”
                “Berapa gaji Ayah sehari ?” tanya Doni dengan wajah polosnya. Ayahnya merasa sedikit aneh dengan pertanyaan yang diajukan oleh putra semata wayangnya itu.
                “Mmm.. Sekitar 100.000..” jawab ayahnya masih tetap berkonsentrasi menyetir. “Kenapa,Don?” Tanya ayahnya sedetik kemudian,
                “Uang jajan Doni dua bulan juga segitu..” Doni mulai menatap ayahnya dengan mata berbinar. “Dua bulan kedepan, Doni tidak perlu ayah beri uang jajan deh,gak apa-apa!”
                “Loh kenapa, Don ?” Tanya ayah Doni dengan kening berkerut. Ia sama sekali tidak tau apa yang sedang dipikirkan oleh Doni. Doni tersenyum lebar. Memperlihatkan sederet gigi putihnya.
                “Ayah mau kan ? Sehari aja gak kerja ? Uang saku Doni deh yang jadi bayarannya.. Ayah temani Doni main, ya ? Besok kan hari minggu.. Doni gak mau kesepian di rumah.. gak ada yang diajak main..” Seketika itu juga ayah Doni mengerem mobil mendadak. Untung Doni sudah dipakaikan Selt Belt sehingga ia tidak terbentur Dashboard mobil. Ayah Doni memandang Doni dengan dahi berkerut. Ia sama sekali tidak mengira Doni akan berkata seperti itu.
                Tiba-tiba air mata turun dari pipinya dengan pelan. Ia ingat bagaimana ia sangat sibuk hingga tidak sempat bermain dengan putranya itu. Terlalu memikirkan biaya untuk menanggung hidup Ia dan Doni. Hingga kata-kata lugu itu keluar dari mulut mungil Doni. Doni memandang ayahnya dengan tatapan aneh.
                “Ayah kenapa ? Kok nangis ? Apakah Doni berkata jahat ? Maafin Doni ya ,Yah ? Ayah jangan nangis..” Ratap Doni dengan mata berkaca-kaca. Ayah Doni hanya tersenyum sambil mengusap air mata yang sempat turun dari matanya.
               “Doni nggak berkata jahat kok.. ayah yang jahat..” Ayah Doni menarik nafas untuk menenangkan hatinya, “Baiklah.. Minggu besok kita akan jalan-jalan kemanapun Doni minta..” Kata Ayah Doni dengan bersemangat, Doni langsung terbelalak. Dia sangat senang.

                “Bener, Yah ??? Yeeyyyy.. “ Doni melonjak kegirangan. Ayah Doni tertawa sebentar sebelum akhirnya segera menjalankan mobilnya kembali saat mobil dibelakang mereka mulai mengklakson.
What do you think? :

1 comment:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Translate

Search This Blog

よろしく!

My photo
Suka banget sama segala jenis buku, mau buku gambar, buku kosong, buku matematika, fisika juga oke, tapi gak perlu ngomongin nilai lah ya hehe. Suka dunia tulis-menulis sejak di Lauhul Mahfudz dan lagi gandrung banget nulis kata-kata baper padahal nggak kenapa-napa.

はじめまして !

ラトナジュウィタです、よろしくお願いします!
参加することはありがとうございました。 \(^o^)/ 楽しみてね 😘

友達になろう 😃

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda

Popular Posts

Powered by Blogger.

Atsuko Maeda (前田敦子)

Atsuko Maeda (前田敦子)
(ex member AKB48)
small rss seocips Music MP3
Hold my hand

Copyright © Ratna_Juwita 48 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com