Thursday, January 30, 2014

Artikel Tentang Anime Slam Dunk

             

             Slam Dunk adalah sebuah anime yang diproduksi oleh salah satu perusahaan anime terbesar yaitu, Toei Animation. Anime yang diangkat dari manga hasil karya Takehiko Inoue ini mengambil tema bola basket. Tema yang sama dengan anime yang sedang populer saat ini yaitu Kuroko no Basuke. Bisa dibilang, beberapa hal ataupun tokoh dalam kedua anime berbeda masa ini memiliki beberapa kemiripan.

 Kagami Taiga (Kuroko no Basuke)
Sakuragi Hanamichi (Slam Dunk) 


Satu diantaranya adalah tokoh utama dalam anime Slam Dunk yaitu Sakuragi Hanamichi dengan tokoh dalam anime Kuroko no Basuke yaitu Kagami Taiga. Rambut Sakuragi berwarna oranye kemerahan yang menyala, sedangkan Kagami memiliki rambut yang merah yang tegas. Kedua tokoh ini memiliki kesamaan dalam hal lompatan yang dianggap luar biasa. Walaupun begitu, Sakuragi merupakan tokoh yang bodoh dan konyol, sedangkan Kagami memiliki karakter yang mudah terpancing dan cepat marah, tapi hebat dalam basket. Hampir setara dengan Generasi Keajaiban atau ‘Kiseki no sedai’.



Sakuragi Hanamichi adalah seorang murid SMA baru di SMA Shohoku, ia telah ditolak oleh 50 orang gadis yang ia ‘tembak’ selama hidupnya. Salah satunya adalah gadis yang baru saja ia ‘tembak’ ketika baru masuk SMA Shohoku yang ternyata menyukai Kaede Rukawa, pemain basket hebat di SMP yang juga masuk ke SMA Shohoku. Karena itu, Sakuragi Hanamichi jadi membenci basket.

Sakuragi selalu diolok karena rambut oranye kemerahannya yang terlihat sangat mencolok. Ditambah lagi, ia memiliki tinggi sekitar 189 cm yang semakin membuatnya menjadi pusat perhatian. Sakuragi memiliki watak yang sangat keras kepala dan bermulut besar. Ia selalu mengatakan bahwa dirinya jenius, namun hal itu ia malah membuatnya terlihat sangat bodoh.

Kemudian, ia jatuh cinta lagi pada seorang gadis yang bernama Haruko Akagi. Awalnya, Haruko sangat tertarik dengan postur tubuh dari Sakuragi yang tinggi dan besar, cocok untuk seorang pemain basket. Gadis inilah yang membuat Sakuragi ingin bermain basket. Haruko melihat potensi Sakuragi sebagai pemain basket dan memperkenalkan basket pada Sakuragi yang saat itu tidak tau apa-apa sama sekali tentang basket.

Saat Haruko meminta Sakuragi melakukan Slam Dunk, Sakuragi malah membawa bola sambil berlari tanpa memantulkannya dan melompat ke ring hingga membuatnya terbentur papan ring basket. Ia gagal, tapi justru karena itu Haruko terpukau dengan lompatan dunknya yang sangat tinggi. Sejak itu, Haruko meminta Sakuragi untuk ikut dalam tim basket SMA Shohoku yang dikapteni oleh kakaknya, Takenori Akagi.



Diceritakan dalam anime ini Sakuragi selalu bersaing dengan pemain basket terbaik SMP yang membuat gadis yang pernah ‘ditembak’nya menolaknya, Kaede Rukawa. Rukawa memiliki karakter  pendiam dan suka tidur, tapi ia tampan dan memiliki banyak fans wanita. Banyak pemain yang mengagumi caranya dalam bermain basket, kecuali Sakuragi yang tidak pernah mau mengakui kehebatan Rukawa dan selalu bersaing dengan Rukawa dalam basket.

Sebelum Sakuragi bermain basket,  ia ditantang oleh Akagi yang merupakan kapten tim basket SMA Shohoku untuk memasukkan 1 bola saja ke dalam ring alias melewati penjagaan ketat dari Akagi karena Sakuragi berkata ingin masuk tim basket. Sakuragi yang bermain asal-asalan membuat para penonton tergelak karena tingkahnya yang lucu, mereka meneriakkan kata-kata bahwa Sakuragi bodoh. Tapi, Sakuragi tidak mempedulikannya.



 Ia berusaha keras untuk melewati Akagi dan menunjukkan kemampuannya pada Haruko. Walaupun ia sangat kesulitan karena Akagi memiliki kemampuan basket yang hebat, pada akhirnya Sakuragi berhasil memasukkan 1 bola dengan susah payah ke dalam ring. Namun karena dalam pertandingan itu Akagi dipermalukan habis-habisan dengan tingkah Sakuragi, Akagi sedikit jengkel dengan Sakuragi dan sempat tidak mengijinkan Sakuragi untuk masuk ke dalam tim basket.

Dari situlah cerita basket Sakuragi berawal. Banyak kejadian lucu yang mengocok perut hampir di seluruh episode Slam Dunk yang memiliki 101 episode (tamat). Perjalanan dari awal Sakuragi yang tak dapat mendrible bola, namun langsung hebat saat baru saja diajari hingga kini ia menjadi Raja Rebound berkat didikan keras dari Akagi. Hampir semua rebound ia dapatkan dan hanya dalam waktu 3 bulan, ia berkembang dengan sangat pesat. Kadang, ia juga melakukan Dunk walaupun sering gagal, tapi disaat-saat tertentu Dunknya berhasil dan terlihat luar biasa. Raja Dunk dalam tim Shohoku adalah Akagi yang dijuluki oleh Sakuragi sebagai ‘Gorilla Dunk’.



Sakuragi memiliki teman-teman SMP berjumlah 4 orang yang dijuluki sebagai Gang Sakuragi. Di masa-masa SMP, mereka berlima merupakan berandalan sekolah dan masing-masing dari mereka memiliki kemampuan yang cukup hebat dalam bertarung. Mereka adalah Mito Yohei, Noma, Ohkusu, dan Takamiya. Walaupun sudah tidak lagi menjadi berandalan, Gang Sakuragi ini banyak membantu Sakuragi ketika mendapatkan masalah. Contohnya adalah saat Mitsui, seorang berandalan mantan MVP basket terbaik SMP pada masanya mengganggu latihan tim basket Shohoku karena dendam dengan Ryota, yang memiliki kemampuan basket yang hebat.



Miyagi Ryota adalah salah satu pemain basket tim Shohoku yang berposisi sebagai center. Ia sangat gesit dan hebat dalam basket, walaupun ia suka membuat masalah, ia tak separah Sakuragi yang suka membuat keonaran dan kegaduhan dalam tim. Ia juga menyukai Ayano, manager tim basket Shohoku yang membuatnya bertahan dalam tim basket. Tingginya hanya sekitar 170 cm, meskipun begitu ia cukup diandalkan dalam tim.



Sedangkan Hisashi Mitsui, ia berhenti bermain basket karena ia pernah terjatuh saat latihan basket dan membuat lututnya cedera. Sejak saat itu, ia berhenti bermain basket dan dendam pada Ryota yang pandai bermain basket, mengingatkannya pada dirinya yang dulu. Ia ingin membuat Ryota tak bisa bermain basket lagi tapi, Mitsui kembali ‘bertobat’ dan ingin menjadi seorang pemain basket lagi setelah melihat Pak Anzai, pelatih tim basket SMA Shohoku yang dulu sangat dikaguminya.




Sebenarnya, yang membuat dirinya memutuskan untuk masuk ke tim basket SMA Shohoku adalah karena ia mengagumi Pak Anzai. Di masa lalu, ketika pertandingan final SMP, timnya tertinggal satu poin di detik-detik terakhir dan ia hampir menyerah, tapi Pak Anzai yang saat itu menjadi komentator di pertandingan itu mengatakan padanya yang sedang terjatuh bahwa yang membuat sebuah pertandingan berakhir adalah menyerah. Mendengar itu, Mitsui berusaha di 3 detik terakhir untuk melakukan lemparan three point dan berhasil membawa timnya menjadi juara. Sejak itulah ia sangat mengagumi Pak Anzai.



Ia kembali bergabung dengan tim basket Shohoku bersama Akagi yang seangkatan dengannya. Ia memotong rambutnya yang semula penjang menjadi pendek dan rapi. Dulu saat sama-sama masih junior, Akagi termasuk pemain yang lamban dan tidak hebat dalam basket, berbeda dengan Mitsui yang sangat hebat. Namun, kini Akagi bisa dibilang setara dengan Mitsui. Dan lagi, ia memiliki bakat untuk menjadi seorang kapten tim.


Slam Dunk adalah anime basket yang sangat terkenal di dunia yang kemudian mengilhami cerita-cerita basket setelahnya seperti Dear Boys dan Kuroko no Basuke. Garis cerita dan pola permainan serta kemampuan masing-masing pemain dalam Slam Dunk masih sangat alami dan terkesan real. Berbeda dengan Kuroko no Basuke yang telah dimasuki unsur efek serta kemampuan basket yang menjurus ke arah fantasi yang menakjubkan. Meskipun begitu, Slam Dunk telah berhasil merebut hati para penggemar dan pecinta anime yang pernah mengikuti episodenya. Anime basket yang mungkin menjadi ‘legenda’ di hati penontonnya.

What do you think? :

0 Creat Your Opinion:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Translate

Search This Blog

はじめまして !

ラトナジュウィタです、よろしくお願いします!
参加することはありがとうございました。 \(^o^)/ 楽しみてね 😘

友達になろう 😃

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda

Popular Posts

Powered by Blogger.

Atsuko Maeda (前田敦子)

Atsuko Maeda (前田敦子)
(ex member AKB48)
small rss seocips Music MP3
Hold my hand

Copyright © Ratna_Juwita 48 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com