Monday, January 16, 2017

Meletakkan Harapan Baru pada Keyakizaka46



Ratna Juwita

          Halo, lama tidak berjumpa dan tidak post di blog, apalagi mengenai hal yang akan kubahas saat ini; dunia peridolan. Ohisashiburi (sudah lama tidak bertemu) kuucapkan pada pembaca tulisan ini, khususnya yang pernah baca curhatanku sebelumnya mengenai Atsuko Maeda (Acchan) ex-member AKB48 pada post sebelumnya yang berjudul “Curahan Hati Seorang Fans Atsuko Maeda”. Ya, sang Ace AKB48 itu.

          Aku lupa sudah berapa lama absen dari dunia peridolan. Alasannya sangat sederhana: karena Acchan tidak ada di sana. Aku kehilangan motivasi untuk terus mengikuti lagu-lagunya yang menurutku sudah tidak terlalu bagus (tanpa Acchan). Mungkin sudah hampir dua tahun atau lebih sejak aku memutuskan benar-benar keluar dari dunia peridolan.

          Aku masuk Sastra Jepang juga karena mereka (AKB48). Ketika Acchan lulus, aku masih berusaha melihat perkembangan AKB48 walaupun sudah tidak segencar dulu. Koleksi poster dan majalahku tentang mereka berhenti dan hal ini semakin diperparah dengan lulusnya member “former” satu per satu. Akhirnya, entah kapan, aku memutuskan untuk tidak lagi memberikan “perhatian” pada AKB48 dan segala gonjang-ganjing posisi “center”-nya yang telah ditinggalkan Acchan.

          Teman sekelas di jurusan, menyarankanku untuk kembali “ngidol”. Ia menyarankan Nogizaka46. Awalnya aku menolak, tapi kemudian kupikir, aku butuh motivasi karena setelah menjalani dunia perkuliahan di jurusan ini, aku kehilangan motivasi untuk mempelajari Bahasa Jepang. Mungkin aku perlu menemukan motivasi baru, pikirku saat itu. Akhirnya aku memberikan “syarat” dengan menyarankan lagu yang kemungkinan akan membuat hatiku “tergerak” untuk menyukai mereka.

          Dia memberikan beberapa saran, tapi aku belum juga beranjak untuk mencari tahu musiknya. Tak berapa lama setelah itu, aku sedang menonton televisi di rumah (saat liburan kuliah karena di kos tidak ada televisi :v kasihan ya) ketika salah satu televisi lokal daerahku menyiarkan video klip beberapa gadis yang aku tebak adalah bagian dari 46 atau 48. Aku coba melihat sebentar dan ... ternyata enak didengar. Aku coba menangkap kosakata dalam lagu itu dan mendengar “Futari Sezon”. Kemudian, aku teringat pada list saran dari temanku itu dan langsung memintanya mengirimkanku lagu “Futari Saison” dari Keyakizaka46 (“Musim Berdua”, “Saison” merupakan Bahas perancis untuk “Season” dalam Bahasa Inggris) itu lewat voice note.

 
(Futari Saison)
sumber: google

          Aku memang “sedikit” menaruh perhatian pada sosok yang berada di tengah saat itu (karena aku memang menyukai “center” dan masih berusaha mengais sosok “Acchan”), tapi aku belum terlalu memedulikannya. Semakin hari, aku mendengarkan Futari Saison yang kuputar berulang-ulang. Dari situ, aku mulai mencari lagu lainnya seperti “Silent Majority”, “Sekai ni wa Ai Shika Nai”, “Kataru nara Mirai wo”, dan “Otona wa Shinjite kurenai”.

(Silent Majority)
sumber: google

(Sekai ni wa Ai shika nai)
sumber: google


          Aku kecanduan, seperti saat aku baru pertama kali mendengar “Give Me Five!”-nya AKB48 yang menuntunku pada lagu-lagu AKB48 lainnya. Sama persis. Ketika melihat video klip Silent Majority, sekali lagi aku berusaha bersikap netral pada “center” yang sebenarnya sudah menarik perhatianku sejak awal. Aku mencoba mengamati satu-satu member, mungkin aku akan tertaik dengan salah satu di antara mereka yang bukan “center”. Dan aku jatuh cinta pada Keyakizaka46. Lagu-lagunya cocok di telingaku, setelah sekian lama kenapa mereka?

           Berlanjut ke video klip “Sekai ni wa Ai Shika nai”, sembari men-download lagu kakaknya, Nogizaka46, grup yang disukai temanku itu, aku semakin penasaran dengan “center”-nya. Ketika aku mendengarkan beberapa lagu Nogizaka46 dan Keyakizaka46 secara random dan tidak tahu lagu milik siapa yang terputar di antara mereka berdua. Aku berulang kali secara tidak sengaja, melirik ke layar ketika lagu Keyakizaka46 yang terputar dan menurutku enak. Dan ketika tidak terlalu tertarik dengan lagu yang terputar pun aku melihat grup mana yang menyanyikannya, ternyata Nogizaka46.

       Bukannya menjelek-jelekkan Nogizaka46 (ampuni aku yaa para penggemar), mungkin aku hanya salah memilih lagu. Namun, akhirnya aku memutuskan menyukai Keyakizaka46 dan mulai mencari tahu siapa “center”-nya yang menyita perhatianku. Namanya Hirate Yurina. Lalu, artikel-artikel di internet yang tersebar mengenai “Overwhelming Presence”-nya Hirate, aku semakin menyukainya. Ia juga disebut-sebut “memiliki aura melebihi Acchan”. Aku tidak ingin memberikan pendapat mengenai ini karena jelas-jelas mereka adalah dua orang yang berbeda.

 (Hirate Yurina dalam single "Silent Majority")
sumber: google

         Meskipun begitu, aku akui ketika mereka seumuran, Acchan tidak memiliki ekspresi seperti Hirate dan kelihaian Hirate dalam dance juga menjadi poin plus di mataku. Mereka memiliki sisi “charming” yang sama, yaitu pada matanya. Aku ingin melihat (kalau bisa), Acchan dan Hirate berada di panggung yang sama. Tetap saja mereka berbeda. Acchan dengan kemampuan acting yang belum dimiliki Hirate dan Hirate dengan kemampuan dance yang tidak dimiliki Acchan. Mungkin fair? Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, kan?

           Tapi, untuk pertama kali aku ingin meletakkan kembali harapan dan motivasiku pada Hirate Yurina yang telah berhasil menjadi ujung dalam pencarianku pada sosok “center” dengan “aura itu” (weseh aku ngomong apa :v). Kali ini aku tidak terlambat menyadari, tidak seperti aku telat mengenal Acchan dan AKB48 (bahkan setelah Acchan lulus aku baru menyukainya :’’), Keyakizaka46 baru terbentu 22 Agustus 2015 dan baru mengeluarkan single pertamanya “Silent Majority” pada 1 April 2016 (yang telah melampaui pencapaian debut Nogizaka46 dan HKT46 dalam penjualan single minggu pertama).

             Keyakizaka46 dalam lagu-lagunya juga menyajikan gerakan dance yang menurutku keren. Koreografi yang sebelumnya tidak pernah kutemukan di 48. Itu juga salah satu alas an aku menyukai mereka, terlebih lagi wajah-wajah yang masih unyu-unyu dan “segar”, walaupun bberapa member sudah menyentuh umur 20 tahun (hehe). Aku menyukai mereka, itu saja. Suka tidak butuh alas an yang jelas, kan? (ea, padahal barusan jabarin alasannya #ditabok) :D

            Mereka masih muda! Itu yang terpikirkan olehku setelahnya dan semoga aku bisa mendukung mereka “dari awal” seperti yang pernah kusesali sebelumnya karena tak berhasil menjadi salah satu penggemar AKB48 dan Acchan dari awal. Aku senang bisa mengenal Keyakizaka46, sosok idol yang selama ini kucari, kini kutemu pada Hirate Yurina. Tidak seambisius dan semuda Matsui Jurina ketika pertama kali menjadi center di SKE48, namun memiliki kemampuan vokal dan dance yang mumpuni, serta pemalu ketika berada di luar panggung dan memiliki “sisi berbeda” ketika beraksi di atas panggung.



           Ah, kutemu kau, Harapan Baru.
What do you think? :

4 comments:

  1. Halo, kak Ratna masih inget aku kan yang komentar di "Curahan Hati Seorang Fans Atsuko Maeda?".
    Kok kita sama lagi ya, kak? Sebenarnya sejak Mariko, Yuko dan member veteran lain grad aku udah males ngikutin 48group, apalagi senbatsu sering didominasi kennin *ini jujur.
    Akhirnya nyoba nyari 'motivasi' baru dan ketemu lah sama boyband asuhan Johnny's Entertainment, Hey!Say!JUMP. Aku jth cinta sama mereka krna msg2 pnya karakter yg unik. Lagunya pun cocok di telingaku kak. Walaupun demikian, bs dibilang aku blm meninggalkan 48group sepenuhnya krna msh ngikutin info di group terkait jg. Bnyak yg ngomongin soal Nogi sm Keyakizaka di sana. Ada yg blg skrg lagu2 AKB kalah sama Nogi dsb. Cuma blm minat aja, aku mikir "Ah, plg sm aja lagunya".
    Terus tgl 30 Juni kmrn aku nnton Music Station krn ada Hey!Say!JUMP. Kebetulan Keyakizaka46 jg ada disitu, tp aku ga menaruh ekspektasi apa2 sih tntng lagu yg bkal mrka bawain. Nah, si Keyaki ini kebetulan jd penampil pertama dan pas pembukaan lagu semua member tiduran di panggung. Begitu intro mulai, mereka nyanyi dan ngedance dengan sangat apik. Jujur aku sampe melongo loh. Lagu yg dibawain Fukyouwaon saat itu.
    Aku yg gatau artinya aja paham apa yg dimaksud lagu itu, yaitu tentang perselisihan antar teman. Gerakan dancenya seolah-olah seperti bercerita dan hal ini ga aku temukan di idol group manapun (atau mungkin aku belum mencari tau lainnya), khususnya di 48group. Bahkan, keyaki pun mengusung 'tema' yg berbeda dengan nogi dan itu yg ngebuat aku tertarik.
    Tecchi disini ngedancenya kaya orang kerasukan XD Ohya, btw aku jg jatuh cinta sama aura yg dia miliki. Aku pgn jujur, kl menurutku aura Tecchi memang melebihi Acchan. Ya, setiap orang bebas berpendapat kan? Itu yg aku lihat dan rasakan ketika menonton penampilan mereka.
    Awalnya ngira Tecchi udah seumuran Mayuyu kl nggak Jurina, trnyata dia klhiran tahun 2001 dan br lulus SMP. Gila anak ini, pikirku. Aku jg jd pengen menaruh harapan ke Keyaki, khususnya Tecchi, sama seperti kmu kak :D
    Oh iya, aku udah add facebookmu lo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, maaf aku gak seberapa update blog hehe. Wah udah add? Siapa namanya? Banyak yang add tapi gak kukonfirmasi soalnya hehe. Kita samaan lagi ya.. jangan jangan kita jo ..... mblo? wkwkkw Iya Hirate keren banget imut juga, aku jadi luluh *blushing*

      Delete
  2. wah kita kok sama sya juga terlambat suka sama acchan dan sekarang suka sma techi, waktu itu foto techi gk nyasar di ig aku wktu prtama lihat udah menarik prthatian aku trus mulai cari tau tentang techi dan akhirnya aku suka sama techi sma kyak aku suka acchan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. boleh intip artikel ku sebelumnya .. artikel tentang Acchan:))

      Delete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Translate

Search This Blog

はじめまして !

ラトナジュウィタです、よろしくお願いします!
参加することはありがとうございました。 \(^o^)/ 楽しみてね 😘

友達になろう 😃

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda

Popular Posts

Powered by Blogger.

Atsuko Maeda (前田敦子)

Atsuko Maeda (前田敦子)
(ex member AKB48)
small rss seocips Music MP3
Hold my hand

Copyright © Ratna_Juwita 48 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com