Wednesday, December 06, 2017

Review Singkat : Novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer

Ratna Juwita

Judul : Gadis Pantai
Penulis : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Lentera Dirgantara
ISBN : 979-97312-8-5
Tebal : 272 hlm.
Review : 6,8/7

Ini buku sastra pertama yang dulu kubaca sewaktu SMA karena terpaksa. Guru pengajar matkul Sasindoku mengharuskan kamiー8 anak sekelasーuntuk membaca sebuah novel sastra. Pilihanku jatuh pada novel ini karena judul yang setidaknya mudah dipahami: Gadis Pantai.

Aku kira, bahasanya akan sangat berat dan sulit dipahami, tapi entah bagaimana aku terus membalik halaman sejak membaca halaman pertama. Bahasanya ringan walaupun khas zaman dahulu. Penggambarannya rinci, membuatku seolah berada di tempat para tokoh itu. Seperti dimensi waktu.

Satu ciri yang paling lekat dari ingatanku hingga saat ini adalah seringnya terdapat kata-kata “Lain tidak” (bukan yang lain). Gaya berceritanya aku suka, tidak berat, tapi sarat makna kondisi sosial dan politik di masa itu.

Novel ini bercerita tentang seorang gadis yang tinggal di pesisir pantai. Karena kecantikannya, seorang Bendoro (sebutan penguasa daerah saat itu) meminangnya. Dari situlah segala konflik batin Gadis Pantai dimulai. Ia baru berusia sekitar 15 tahun ketika menikah dengan Bendoro. Ia merasakan kehidupan yang sangat berbeda di rumah megah kejawen dengan segala pelayan dan fasilitasnya.

Aku berharap ceritanya akan berlanjut karena jujur aku tidak puas dengan endingnya. Aku ingin membaca kelanjutannya. Namun, sayang sekali ketika membaca artikel tentang novel ini, kedua buku lanjutannya telah dimusnahkan karena dianggap berbahaya untuk pemerintah Indonesia pada masa itu.

Kecewa memang, tapi jangan ragu untuk membacanya. Novel ini benar-benar menyuguhkan cerita yang berbeda dan sangat berkesan. Endingnya bukan menggantung, hanya menurut pribadi, aku ingin membaca kelanjutannya!! Dan, karena karya ini pulalah aku mulai menjadikan Pramoedya Ananta Toer sebagai salah satu sastrawan favoritku.

Jelas bintang 6,8/7 untuk novel ini haha. Minus 0,2 karena berhasil membuatku ingin membaca kelanjutannya, tapi tidak bisaπŸ˜‚πŸ˜‚

#books #novel #gadispantai #pramoedyaanantatoer #sastra #bukusastra #reviewnovel #author #writer #katakaryabookreview #penulisbacayuk
What do you think? :

0 Creat Your Opinion:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Translate

Search This Blog

γ‚ˆγ‚γ—γ!

My photo
Suka banget sama segala jenis buku, mau buku gambar, buku kosong, buku matematika, fisika juga oke, tapi gak perlu ngomongin nilai lah ya hehe. Suka dunia tulis-menulis sejak di Lauhul Mahfudz dan lagi gandrung banget nulis kata-kata baper padahal nggak kenapa-napa.

γ―γ˜γ‚γΎγ—γ¦ !

γƒ©γƒˆγƒŠγ‚Έγƒ₯ウィタです、γ‚ˆγ‚γ—γγŠι‘˜γ„γ—γΎγ™!
ε‚εŠ γ™γ‚‹γ“γ¨γ―γ‚γ‚ŠγŒγ¨γ†γ”γ–γ„γΎγ—γŸ。 \(^o^)/ ζ₯½γ—みてね 😘

友達にγͺろう πŸ˜ƒ

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda

Popular Posts

Powered by Blogger.

Atsuko Maeda (前田敦子)

Atsuko Maedaγ€€(前田敦子)
(ex member AKB48)
small rss seocips Music MP3
Hold my hand

Copyright © Ratna_Juwita 48 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com