Tuesday, December 05, 2017

Review Singkat : Penjaja Cerita Cinta (Kumpulan Cerpen) karya @edi_akhiles

Sumber gambar: www.google.co.id

Ratna Juwita

Judul               : Penjaja Cerita Cinta
Penulis             : @edi_akhiles
Tanggal Terbit : Desember 2013
Penerbit           : DIVA Press
Tebal               : 192 hlm.

Sebenarnya, sudah lama aku punya buku ini, tahun 2015 masih bertengger manis di bagian pertama buku sebagai tanda tahun pembelian. Baru sekarang aku ingin me-review-nya, kenapa? Karena setelah membacanya ulang (efek gabut liburan), aku merasa buku ini berisi kumpulan cerpen yang menarik.

Ada total 18 cerpen dalam buku karya pemimpin DIVA Press Group ini. Cerpen-cerpen dalam buku ini memiliki beragam genre yang dikemas kadang lucu, menggelitik, nakal namun tak jarang juga bengis dan mengenaskan.

“Dijual Murah Surga Seisinya”, “Tamparan Tuhan”, “Aku Bukan Batu”, “Si X, Si X, and God”, adalah tiga cerpen bergenre religi yang cukup menampar kemanusiaan dan ketuhanan. Terutama “Aku Bukan Batu” yang bercerita mengenai kekekalan Tuhan dan makhluk-Nya yang disangsikan tokoh karena pergulatan egoism manusia akan keberadaan dirinya dan kecintaannya pada dirinya sendiri. Menafikkan firman Tuhan bahwa tiada yang kekal selain-Nya, bahwa bagaimanapun juga manusia nantinya mungkin akan musnah, tidak selamanya kekal di surga atau neraka karena firman Tuhan adalah bahwa Dia Yang Maha Kekal, makhluk-Nya tidak, dan bahwa Ia takkan pernah mengingkari firman-Nya sendiri.

Lalu “Menggambar Tubuh Mama”, “Abah, I Love You”, dan “Lengking Hati Seorang Ibu yang Ditinggal Mati Anaknya”, adalah rentetan judul berdasar asas tema (halah) keluarga yang tak kalah mengiris perasaan. “Menggambar Tubuh Mama” adalah cerita memilukan seorang anak yang mencoba menggambar utuh tubuh ibunya yang hanya tinggal penggalan kepala dengan kapur tulis. “Abah, I Love You” dan “Lengkingan Hati Seorang Ibu yang Ditinggal Mati Anaknya”, masing-masing merupakan pandangan seorang anak kepada abah dan ibunya. Mengenai pemikiran-pemikiran mengenai orang tua yang rela mendidik dan melakukan apapun agar anaknya bahagia.

Sisanya adalah kisah-kisah cinta yang didandani dengan berbagai gaya Bahasa, serta sudut pandang mengenai berbagai permasalahan cinta. Bukannya tidak menarik, tapi terlalu banyak untuk dibahas satu-satu. Ada juga cerpen berjudul “Cerita Sebuah Kemaluan” yang dulu sempat kubaca, tapi tidak sampai habis karena tidak kuat dengan isinya. Hehe. Bukan karena terlalu vulgar dan berlandaskan seks semata tanpa makna, tapi lebih karena imajinasi menolak lanjut (piiss). Bukan karena ngeres, tapi memang tidak cocok dengan genre-ku. (Hehe)

Cerita-cerita dalam buku ini menggunakan Bahasa khas penulis dengan beberapa candaan di sana-sini (yang bergenre romansa), namun di sisi lain juga serius membahas cerita yang memang memiliki amanat sarat! Pembaca dibawa mengawang-awang, membayangkan banyak kisah cinta (tidak murahan) justru menggelitik, keluarga, dan urusan habluminallah yang sentimental.

Tidak bosan rasnaya membalik halaman demi halaman cerpen-cerpen yang selalu mengusik keingintahuan mengenai ending-nya. Cerita-ceritanya cocok bagi siapapun yang ingin merenung sejenak, sekaligus menambah wawasan dan pemahaman dari sudut pandang lain tiap cerita. Bulan 6/7 aku berikan untuk buku ini.


Malang, 15 Juni 2017
What do you think? :

0 Creat Your Opinion:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Translate

Search This Blog

よろしく!

My photo
Suka banget sama segala jenis buku, mau buku gambar, buku kosong, buku matematika, fisika juga oke, tapi gak perlu ngomongin nilai lah ya hehe. Suka dunia tulis-menulis sejak di Lauhul Mahfudz dan lagi gandrung banget nulis kata-kata baper padahal nggak kenapa-napa.

はじめまして !

ラトナジュウィタです、よろしくお願いします!
参加することはありがとうございました。 \(^o^)/ 楽しみてね 😘

友達になろう 😃

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda

Popular Posts

Powered by Blogger.

Atsuko Maeda (前田敦子)

Atsuko Maeda (前田敦子)
(ex member AKB48)
small rss seocips Music MP3
Hold my hand

Copyright © Ratna_Juwita 48 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com