Tuesday, December 05, 2017

Review Singkat : Scheduled Suicide Day karya Akiyoshi Rikako

Ratna Juwita

Judul               : Scheduled Suicide Day (Jisatsu Yoteibi)
Penulis             : Akiyoshi Rikako
Tanggal terbit  : April 2017
Penerbit           : Penerbit Haru
Tebal               : 280 hlm.

Scheduled Suicide Day adalah karya Akiyoshi Rikako atau bahkan novel berlabel J-Lit pertama yang kubaca. Novel ini menceritakan mengenai seorang gadis remaja bernama Ruri yang berencana untuk bunuh diri karena meyakini bahwa ibu tirinya adalah dalang di balik kematian ayahnya.

Namun, ketika ia telah memantapkan hati untuk bunuh diri, ia justru gagal karena ranting pohon yang dipilihnya untuk bunuh diri patah! Kemudian, ia malah bertemu dengan sesosok hantu laki-laki gentayangan yang mengaku pernah melakukan bunuh diri di tempat itu.

Hantu laki-laki itu malah berniat membantu Ruri untuk menemukan bukti bahwa ibu tirinyalah yang membunuh ayahnya. Ruri menyetujui usulan hantu laki-laki itu untuk menunda kematiannya selama seminggu hingga ia menemukan bukti-buktinya, jika tidak, ia akan benar-benar memantapkan hati untuk mati.

Perjalanan pencarian bukti-bukti itu membuahkan perubahan-perubahan dalam diri Ruri. Pertemuan-pertemuannya dengan banyak orang, hingga penyelesaian masalah-masalahnya. Ada hikmah yang selalu bisa dipetik tiap peristiwa dalam cerita sebagai pesan tersirat maupun tersurat dari Akiyoshi kepada pembacanya, terutama yang berniat bunuh diri. Mengingat banyaknya kasus bunuh diri di Jepang karena berbagai permasalahan hidup para pelakunya.

Pembaca dibawa mengikuti arus alur yang campuran, tapi tetap pada garis kronologinya, mudah dicerna. Sangat menarik membaca novel bergenre misteri ini. Puas disuguhi opini-opini yang diputarbalikkan oleh fakta-fakta yang muncul kemudian, walaupun aku tidak terseret begitu saja. Sebagai penikmat novel, komik, dan karya-karya berbau misteri lainnya, tidak susah menebak ending-nya, tapi tetap tak terasa murahan.

Terjemahannya ringan dan mudah dibaca siapa saja (trauma membaca novel terjemahan yang gak nyantol). Cocok bagi siapa saja yang hendak menandaskan waktu demi berkumandangnya Maghrib atau untuk mengisi waktu senggang dengan sedikit menegangkan. Meskipun masalah terselesaikan (hampir) cepat, secara keseluruhan novel ini ajib dan kukasih bulan 5/7.  


Malang, 15 Juni 2017
What do you think? :

0 Creat Your Opinion:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Translate

Search This Blog

よろしく!

My photo
Suka banget sama segala jenis buku, mau buku gambar, buku kosong, buku matematika, fisika juga oke, tapi gak perlu ngomongin nilai lah ya hehe. Suka dunia tulis-menulis sejak di Lauhul Mahfudz dan lagi gandrung banget nulis kata-kata baper padahal nggak kenapa-napa.

はじめまして !

ラトナジュウィタです、よろしくお願いします!
参加することはありがとうございました。 \(^o^)/ 楽しみてね 😘

友達になろう 😃

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda

Popular Posts

Powered by Blogger.

Atsuko Maeda (前田敦子)

Atsuko Maeda (前田敦子)
(ex member AKB48)
small rss seocips Music MP3
Hold my hand

Copyright © Ratna_Juwita 48 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com