Tuesday, December 05, 2017

Sesi Curhat – Ditinggal Pergi Motivasi


Besok adalah hari ujian kemampuan Bahasa Jepang yang lebih dikenal dengan sebutan JLPT? Atau Nihongo nouryoku shiken? Kalau kalian pecinta Jejepangan, setidaknya pasti tahu apa itu JLPT.

Aku tidak tahu bagaimana awalnya aku bisa masuk ke jurusan Sastra Jepang ini. Memilih kampus bergengsi ini. Nyatanya, sebutan bergengsi ini lekat untuk kampusnya, bukan akunya. Kadang aku justru merasa malu kenapa bisa aku masuk ke kampus sebagus ini dengan persaingan seketat ini dan dengan tekad selemah ini?

“Temanku lebih pintar”
“Dia berkembang”

Wah, kata-kata yang seharusnya bisa menjadi lecutan semangat untuk diriku sendiri. Tapi, aku justru semakin bingung. Apakah jurusan yang kuambil benar? Waktu yang kugunakan untuk mengulang kembali keputusanku untuk terjun ke dunia ini, seharusnya bisa kugunakan untuk belajar lebih keras. Orang tuaku sungguh mendukung dengan segala materi dan non materi. Contohnya? Tenaga, uang, semangat, dan segalanya diberikan mereka berdua untukku.

Aku malu jika mengingat, orang tua di kampung halaman yang nama provinsinya berbeda satu arah mata angin, Timur, bekerja keras siang dan malam untukku. Tapi aku di sini apa? Sibuk memikirkan yang lain.

Tidak. Aku tidak sedang berfoya-foya. Tidak juga lalai. Tapi seringkali malas. Padahal, aku dulu adalah anak yang sangat rajin. Apakah puncak kelelahanku ada di sini? Saat ini? Banyak kata motivasi yang berseliweran di internet dan tertempel di dinding kamar, yang dulu sangat ampuh membuatu terus berjuang, kini justru menarikku lebih lekat dengan kemalasan.

Ya, masa depan ku pikir adalah hal yang sangat abstrak. Kita tidak akan tahu masa depan seperti apa. Aku tahu dari banyak quote, masa depan ya masa sekarang ini. Apa yang dilakukan saat ini akan berdampak besar di masa depan. Aku mengerti. Tapi tubuhku tak bergerak sama sekali merespons ucapan bijak entah siapa itu.

Sudah matikah semangatku? Menyadari bahwa setelah ini, aku harus kemana? Apa yang harus kupelajari? Apakah aku bisa mendapatkan kerja dengan embel-embel jurusan ini? Yah, semuanya kembali pada pribadi masing-masing. Aku menulis ini jujur dengan pikiran semrawut. Aku bahkan belum belajar untuk mempersiapkan ujian yang sudah tinggal duduk di depan lembar jawaban. Tinggal beberapa jam saja.

Jika lelahku sekarang, jika malasku memuncak sekarang, aku tahu aku akan sangat menyesalinya di masa depan. Karena itu aku masih mencari. Mencari motivasi paling kokoh yang bisa kupegangi erat-erat tanpa mampu kulepaskan lagi.

Ah, banyak cincong emang. Posting-an ini bukan untuk mencemari jurusan yang kusebut di atas. Bukan. Kerja dan tidak kerja adalah perkara berbeda. Bekerja adalah perkara berbeda. Tergantung individunya. Wadalah, sekarang malah aku sok-sok ngasih nasihat. Sekali lagi bukan itu tujuanku membuat postingan ini.

Temanku suka membuat postingan dan kurasa membuat hal seperti ini juga jadi lebih menarik. Seperti diary elektronik yang bisa dinikmati banyak orang? Asalkan tidak menulari virus galau saja, jangan sampai tertular. Hehe.

Lha malah menyimpang dari judul, tho. Aku tidak tahu apa judul yang pas. Asal tulis saja sebenarnya, Tapi semoga masih bisa dinikmati sambil menyesap kopi atau teh. Gak penting sih. Ada yang mau memberiku saran dan dukungan? Aku sedih jika membaca dukungan orang tuaku padahal di sini, di kos dengan ibu kos yang tidak bisa dibilang menyenangkan ini, aku tidak berusaha sekuat yang aku bisa lakukan.

Yogyakarta, 2 Desember 2017.


Weladalah, baru nyadar juga udah Desember.
What do you think? :

0 Creat Your Opinion:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Translate

Search This Blog

はじめまして !

ラトナジュウィタです、よろしくお願いします!
参加することはありがとうございました。 \(^o^)/ 楽しみてね 😘

友達になろう 😃

Total Pageviews

Blinking Cute Box Panda

Popular Posts

Powered by Blogger.

Atsuko Maeda (前田敦子)

Atsuko Maeda (前田敦子)
(ex member AKB48)
small rss seocips Music MP3
Hold my hand

Copyright © Ratna_Juwita 48 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com